PUT THE GARBAGE IN THE RIGHT PLACE

saya tidak menyalahkan bagi siapapun yang mau bilang ini sampah, karena beginilah adanya. yang terpenting saya buang sampah pada tempatnya :)

Biennale - Jogja National Museum


Bener ternyata dugaan saya.
Biennale di Jogja National Museum memang lebih menarik #PendapatSubjektif 
#NoOffense
Well, ini pertama kalinya saya ke museum ini dan baru ngerti kalo museum ini terdiri dari 3 lantai.
Dan, memang.
Biennale di venue ini punya 'suasana', penuh kejutan.
Sayangnya, pameran ini udah mau berakhir pada 8 Januari 2012.
Pertama kali masuk pintu museum ini, biasa aja.
Masuk ke ruang pertama, langsung merinding.
Bulu kuduk berdiri #yanginilebay
Tapi emang, dengan mengusung tema India dan Arab, pameran di tempat ini ngga setengah-setengah.
Aroma pemujaan India,
bunyi dentuman musik dari lantai 2 yang mistis,
sepinya pengunjung,
seni rupa yang diletakkan di ruangan-ruangan,
penerangan yang remang-remang, kadang gelap,
pokoknya saya ga berani kalo disuruh sendirian ke sini. Titik.

Well, this is Biennale.
Sori kalo saya dikit dikit nampang ;)

Ruangan gelap, bermandikan cahaya projektor yang dipantulkan ke lantai, tebaran pasir pantai, backsound suara laut,
sukses membangkitkan nuansa damai di Pantai.
Ya, saya rindu suara pantai...


Ruangan ini unik.
Isinya penuh dengan huruf Hijaiyah.
Uniknya, semua terbuat seperti bantal.




Menceritakan tempat pengakuan dosa.









Kebetulan ngga semua seni rupa ini aku tau judulnya.
Mungkin karena terlalu excited dengan 'barang-barang aneh' di sini,
jadi lupa diri.
Next time ingetin saya untuk cari tau judul-judul dari maha karya ini.
Asli.
I love it.

See you at next Biennale.

7 Responses so far.

  1. 5th pic, itu emang gak ada tulisannya "Don't Touch" apa? kok dipegang ndes -__-

  2. dhyanadhy says:

    ngga ada kok ndes. adanya "Dont step on the painting"
    wek

  3. widiiihh... mangstaf dek dhy.. jadi kangen sama komunitas bus kota kih, gaweane muter2 nyari musium.. kalo ngomong2 tentang sepi dek dhy, ada yang lebih sepi.. di museum Soedirman, disana sama sekali ga ada pengunjung.. saking ga kepakenya pas terakir kesana malah jadi tempat kawinan :))

    *tetap lestarikan peninggalan*

  4. dhyanadhy says:

    ada to komunitas bus kota? kyknya asik tuh :p
    pernah dengar museum Soedirman. tapi lupa dimanah hahaha
    lain kali deh kalo mbolang sapa tau nemu tu museum :D

  5. ada dek dhy.. itu komunitas dolanne cah satub and friend pas gencar2e seneng numpak angkot, trans jogja, dsb..

    letaknya sekitar klitikan tembus jalan godean dek dhy,,(gatau nama jalannya) kalo dari jalan godean lebih deket keknya..

    sep selamat hunting musium dek dhy..

  6. AF says:

    jadi keren ya gedung ASRI ini sekarang, padahal 5 tahun lalu masih gedung tua terbengkalai

Leave a Reply

lidah gatel pgn komen?
bole banget ! ^_^