PUT THE GARBAGE IN THE RIGHT PLACE

saya tidak menyalahkan bagi siapapun yang mau bilang ini sampah, karena beginilah adanya. yang terpenting saya buang sampah pada tempatnya :)

Diklat Jurnalistik 2010

"kini terasa sungguh, semakin engkau jauh, semakin terasa dekat .. akan kukembangkan kasih yang engkau tanam, di dalam hatikuuuuu .."

nuansa bening, tembang ini menggema merdu dalam satu harmoni di ruang sidang 2.1, KPTU, fakultas teknik UGM.
bukan, bukan vidi aldiano yang bernyanyi.  bukan juga aku, hehehe
abi (09), mbak hilya (07), dan mas budi (07) yang notabene adalah mahasiswa teknik industri lah yang sedang menghibur sekitar 60 pasang mata dan telinga peserta diklat jurnalistik dalam acara Diklat Jurnalistik 2010 di hari terakhir, 6 februari 2010.

acara ini merupakan bentuk kerjasama dari Himpunan Mahasiswa Teknik Industri departemen Pers Mahasiswa dengan pihak KOMPAS Jakarta.  Diklat yang berlangsung selama 4 hari (3/2 sd 6/2) ini memberikan banyak ilmu pengetahuan mengenai jurnalistik : News Reporting, News Writing, Fotografi, Tata Letak dan Desain, Pembuatan Koran, dan lain sebagainya.  Dari sini pulalah, aq mengenal istilah Hard News, Feature, Soft News, dan ilmu-ilmu mengenai kepenulisan dan kewartawanan.  Di sini, siapapun akan merasa salut dengan peserta DJ 2010 karena besarnya antusiasme mereka.  Mereka tak malu-malunya dan tak henti-hentinya menanyakan apa yang sekiranya menggelitik pikiran mereka.  I like that :)

 
suasana diklat jurnalistik di ruang sidang 2.1 KPTU lt 2


Dan, pembicara yang mengisi materi di DJ 2010 ini pun sangat inspiratif sehingga diklat ini terasa hidup.
Pemateri :
1. Bpk. Luwi Ishwara
2. Mas Wisnu Nugroho
3. Bpk. Pepih Nugraha
4. Bpk. Tjahyono
5. Bpk. Pujo Santoso
6. Bpk. FA. Santosa    : sekaligus sebagai moderator

Diklat yang diikuti oleh 61 peserta ini bukan lah hal yang sia-sia.  Terbukti dengan dilahirkannya 10 koran hasil karya tiap kelompok.  Judulnya pun variatif, misalnya : Lampu Kota, Berkas, Sorot, dsb.
dan koran - koran inipun bukan berarti hanya di tempel, tapi juga dinilai oleh para juri yang handal pastinya.
Juri :
1.  Bpk. Ana Nadhya Abrar    : saat ini merupakan salah satu staf pengajar di jurusan ilmu komunikasi FISIPOL UGM.  Beliau pernah menjabat sebagai direktur Gadjah Mada University Press (1 Desember 2003 –31 Januari 2006) dan juga pernah menjabat sebagai pemimpin redaksi Kabar UGM (6 November 2002-31 Desember 2009).  Puluhan buku telah ditelurkannya, salah satunya adalah novelnya yang berjudul "Kabut di Kampus Biru".  Tercatat sejak tahun 1983, beliau telah menulis kurang lebih 325 artikel yang dimuat di surat kabar, majalah Indonesia, serta majalah Jepang.

2. Ibu Junita Giarini        : saat ini merupakan dosen di Jurusan Teknik Mesin dan Industri UGM.  beliau sukses meraih prestasi pendidikannya berupa gelar Master of Information Science (M.Inf.Sc.), Computer Science & Engineering, The University of New South Wales UNSW), Sydney, Australia (October 1998).  Beliau juga sudah banyak makan garam dalam dunia karier,terbukti pada tahun 1992-2005 beliau bekerja di sebuah perusahaan besar di Indonesia, PT. Krakatau Steel dengan jabatan terakhirnya sebagai Senior Information Technology Engineer.  Banyak penghargaan telah beliau raih, salah satunya penghargaan sebagai Presenter di International Convention on Quality Control Circle (ICQCC) 2004 Bangkok, December 2004.

3. Susanti Nurul Amri        : seorang mahasiswi jurusan Ilmu Komunikasi semester 6 yang juga sedang menjabat sebagai pemimpin redaksi Bulaksumur Pos.  Ia pernah memeroleh penghargaan sebagai Mahasiswa Berprestasi Jurusan Ilmu Komunikasi UGM pada tahun 2008.  Ia juga pernah meraih kemenangan dalam kompetisi Grant Karya Inovasi Mahasiswa yang diadakan oleh PPKB UGM.

Berikut koran-koran yang terpilih sebagai pemenang 

Juara : 

3. Poros


2. Berkas



1. Sorot


Juara Favorit diraih oleh

Berita Jogja


Selamat bagi para pemenang :D

yang belum menang, yuk ikut yang tahun depan ! ;)

pesan dan kesan :
- sangat berkesan apalagi MCnya, hahaha ( ini kataku aja )
- asyik! ( Aga, SMA N 3 Yogyakarta )

so , sampai jumpa di Diklat Jurnalistik 2011! ;)

6 Responses so far.

  1. Anonymous says:

    widiew namanya susan nyangkut euy...
    :P

  2. snappopup says:

    wah.. ngliat foto koranku jadi keinget masa diklat dulu..
    o ya.. salam kenal aku rendy, dulu pserta DJ 2010 jg..
    dhyanadhy dulu panitia kah?

  3. dhyanadhy says:

    @ren.putra
    wow peserta dj dulu? hahaha senangnya bs ketemu peserta taun lalu, aku panitia dlu, yg taun lalu jadi MC kalo masi inget :)

  4. snappopup says:

    iya peserta DJ dulu, wah sayang aku gak tahu kalo ada kegiatan berikutnya yang fotografi jurnalistik februari kemarin..
    iya masih inget kok, d kampus juga sering liat..
    oy btw masih nyimpen sertifikat yang dari kompas dulu gak? masalahnya dulu kan suruh nunggu kabar dari panitia.. tapi sampai skrg jg belum pernah dikabarin aku.. temen2ku juga banyak yang belum dapat sertifukat yang dari kompasnya..
    kalau masih ada sertifikatnya tolong dicariin ya.. hhee..
    eh panggilanmu sapa?

  5. dhyanadhy says:

    ah masa iya blm dkabarin, dlu udah pada ngambil juga loh..hehehe
    okelah, nantin aku tanyain lagi, mestinya masih ada di arsip kita. oya panggil aku dhy aja, anak2 jg manggil aku gitu :)

  6. snappopup says:

    iya, belum dikabarin aku..
    kalo bener msh ada kabarin ya nama lengkapku rendhy putra virizky, kalau ada yg namanya oktoriwanda, nurul amin, fransisca vena, vinda nur adhari,Arbyan U.R.L, ibu Dwi Astuti, sekalian ya...
    ok, makasih dhy.. :)

Leave a Reply

lidah gatel pgn komen?
bole banget ! ^_^